3S’s extra thanks to (?)

January 12, 2014

Surabaya, 10 januari 2014, hari yang paling ditunggu selama semester ini: pengumpulan tugas perencanaan 3S. Iya, 3S. Tugas yang punya folder sendiri dengan judul “3S SUPER BESAR” ini akhirnya dikumpul. Tugas yang sangat menyita waktu tenaga pikiran harta benda dan segalanya. Tugas yang untuk pertama kalinya bisa bikin terjaga 24 jam, like, benar-benar 24 jam. Selama ini begadang buat nugas masih masuk kategori wajar. Masih sempat tidur barang sejam dua jam lah ya. Tapi 3S kemarin berhasil bikin ngga tidur sama sekali. Hah.


Setiap semester punya ceritanya masing-masing. Dan cerita untuk semester ini, ngga lain ngga bukan, ya pasti di pegang 3S. Sedikit bahas 3S boleh kan ya ? Lumayan sekilas info (HAHAHAH BILANG AJA SEKALIAN PROMO JURUSAN). 3S is stand for SPAM, SPAL, SDRAIN. SPAM itu semacam perencanaan buat jaringan pipa air minum di suatu kota. Air minum atau yang lebih terkenal dibilang air PDAM itu kan disalurkan ke konsumennya via pipa-pipa, nah jalur pipanya itu yang dipelajari di SPAM. Kalo SPAL itu perencanaan pipa buat menyalurkan air limbah dari rumah-rumah ke unit pengolahan air limbah. Jadi air limbah apapun yang dihasilkan di rumah-rumah atau instansi-instansi itu langsung masuk ke pipa trus masuk unit pengolahan. Urgensi SPAL sebenarnya cukup tinggi buat perbaikan sanitasi. Tau sanitasi kan? Kalo belum tau coba googling deh. Kalo tetep ngga tau masuk TL deh. Terus kalo SDRAIN itu merencanakan saluran drainase yang tepat. Dimana pun ngomong drainase pasti nyambungnya sama banjir, ya ngga? Di SDRAIN ini ya kita merencanakan seperti apa jalur maupun ukuran saluran yang akan mengalirkan air hujan ke laut biar ngga gampang banjir.

Dulu pas jaman ambil Plambing, rasanya sudah setengah mati setengah hidup buat nyelesaiin satu buku. Dulu rasanya sama sekali ngga bisa ngapa-ngapain selain mlambing. Oke, ngapa-ngapain disini pastinya dalam konteks perkoreaan. Tapi pas 3S kemarin, yang pada akhirnya jadi 3 buku dengan masing-masing buku terdiri dari sekitar seratus sekian halaman, kok ya rasanya malah lowong. Masih sempet tuh ngikutin Heirs setiap minggunya (AAAAK YOON CHANYOUNG – LEE BONA CUTEST COUPLE EVERRR), masih sempet nyelesein I Hear Your Voice (YA AMPUN SOOHA GANTENG BANGET !), masih sempet hebohin Miracle in December, dan masih masih yang lainnya. Taaapiii karena saking banyaknya ‘masih’ makanya pas H-1 grusak grusuk karepnya dewe sampai ngga tidur blas. Menyesal? Iya. Menyesal jangka pendek.



Tugas perencanaan itu kan pasti fix ngga bisa dibilang seratus persen salah seratus persen bener. Namanya juga rencana, belum terealisasi, belum tau kurang lebihnya kan. Pokok bikin sesuai prosedur dan punya alasan masing-masing selama perencanaan sih oke oke aja. Eh tergantung dosen asisten masing-masing sih. Berhubung kemarin dapetnya dosas yang ngga banyak complain jadi pas selesai pengumpulan bener-bener yang ‘let it floooow ~’. HAHAHAH.

Oh ! sebenernya tujuan utama bikin post ini adalah buat ngucap thanks to ke beberapa pihak yang jasanya sangat tak terbalaskan terutama karena hadir di penghujung jalan. Pinginnya ya nyantumin pihak-pihak terkait di kata pengantar. Tapi kata pengantar itu kan dibuat pas awal-awal, diprint duluan juga. Terlalu malas dan sayang kertas sekali kalo mau maksa nyantumin mereka. Jadi ya lebih baik thanks to nya terpisah. Taruh disini aja ngga apa. Yaa mereka tak baca pun tak apa, yang penting hati ini lega telah mengucap rasa suka citanya. Apasih bahasaku. Oke, mari kita masuk ke bab thanks to. Yang tertulis disini hanya yang belum tercantum di kata pengantar ya. Ngga ada thanks to yang ndobel. Biar ngga iri-irian.

EXO dan beberapa lagu dalam folder D:\FANGIRL stuff\songs. Trimakasih banyaaaak. Kalian setia menemaniku tiap nggarap 3S, dari jaman masih ngarang bab I sampai kemarin pagi. Kusuruh nyanyi bolak balik berapa kalipun random shuffle playlists kalian tetep mau. Ya ampun :”

Pensil warna Ayun sama pensil warna Mbak Uci (mbak kosan April yang bahkan aku ngga pernah ketemu). Trimakasih sudah hadir di saat-saat genting. Trimakasih sudah memberi warna warni indah pada blok ku. Pensil warna Ayun paling spesial pokoknya. Karena yang minjem aku, yang pakai mama. Iya, mama. Ah mama baik banget mau bantu ngewarnai. Mama umur berapa sih masih main pensil warna? HAHAHAHAH. Terharu banget lah pas mama nawarin bantuan dan ternyata mengiyakan pas kubilang ‘ngewarnain blok ma’ sambil ngrengek pasrah. Anaknya ini sudah kuliah loh tapi minta bantu ngewarna aja ke mama. Mama jjang ! XDDD

Teh pucuk harum, bengbeng, oreo, pringles, lemonia, mogu-mogu, dan sederet nama jajan. Trimakasih sudah menghabiskan isi dompetku buat ngebeli kalian. Trimakasih sudah meraung manja di rak-rak Indomaret, sok sokan mau nemenin ngerjain. Seringnya setelah kebeli malah ngga jadi dihabisin sendiri, malah endingnya dimakan Brina. Ah kalian -_-

Bapak-bapak penjilidan. Trimakasih sudah melakukan eksekusi terhadap kerjaanku. Di saat temen-temen keluar duit enam belas rebu per buku dan harus ninggal dulu, bapak telah menyelamatkan recehanku dengan delapan rebu per buku ! Cukup tunggu sebentar sambil minum minute maid lidah buaya, dan cling, jadilah 3 jilid buku bercover lampu lalu lintas ! Yaa walopun kualitas covernya tak sesempurna harga sebelah, toh bapak sangat berjasa. Sangat sangat berjasa. Prioritas utama saat itu adalah: selesai tepat waktu dan murah. HAHAHAHAH.

Toto. Aaaaaaak kesayangan ini jasanya sangat sangat sangat tak terbalaskan ! Gomawo Toto-yaa. Trimakasih sudah memfasilitasi perjalananku. Sama sekali ngga rewel, ngga bosan, dan ngga ngeluh apa-apa. Kamu sangat sangat bekerja dengan sangat sangat keras. Bener-bener ngerasa bersalah sudah bikin kamu ngelembur 24 jam non stop non stand by non hibernate. Seminggu lagi Toto-ya, seminggu lagi kamu bakal dapat jatah liburmu. Semangat Toto-ya ! Kita harus selalu bersama sampai akhir ! Harus ! Toto fighting ! :3

Keke. Keke dengan e dibaca seperti e di kata Indonesia. Trimakasih sudah sembuh sebelum aku panik deadline. Trimakasih sudah ngga ngambek lagi sama tinta kuning. Trimakasih sudah nyetakin semuanya. Pokoknya Keke tak tertandingi lah. Keke sudah setia dari jaman Plambing, jadi mohon kerjasamanya sampai jaman tugas akhir ya Ke ! :)

Udah ah. Itu dulu thanks to nya. Masih banyak sih harusnya, tapi uda ngantuk, belum garap lpj tengah taun pula. Kenapa? Ngga trima thanks to nya kebanyakan buat benda mati? 3S ini mengajarkanku untuk selalu menghargai siapapun dan apapun. Makanya sampai notebook sama printer kukasi nama biar aku bisa menganggap mereka ada, dan hidup, dan nyata, karena mereka kan sudah memberi kontribusi nyata dalam kehidupan ku. Oh iya, satu lagi, detik-detik deadline kemarin ada satu tambahan quote yang harus banget dicatet biar ngga lupa. Quoted by me, terus dilanjut sama April:  

“SEKARANG BUKAN WAKTUNYA REVISI. SEKARANG WAKTUNYA EKSEKUSI”
“……….. DAN MANIPULASI.”

HAHAHAHAH. Quote terbangke (eh tapi terbener juga) semester ini ! Yey ! FINALLY BACK TO NORMAL LIFE ! Normal yang tanpa begadang 24 jam maksudnya. UAS kurang 3 matkul lagi, trus RUMJ, trus balik deh ke pelukan setan Bekyon. Ah.





You Might Also Like

0 commments


Popular Posts