Benerin HP, alone

January 17, 2018


Pertama kalinya dalam dua puluh empat tahun kuhidup, akhirnya mampir juga ke salah satu konter servisan resmi. Well, i’m that typical yang ngga seberapa ngurusin kondisi hp, yang kalau misal terjadi sesuatu padanya (bluetooth ngga mau nyala lah, wifi ngga bisa nyantol lah, atau hal hal teknis lainnya yang ngga mengurangi fungsi hp buat telfon dan sms dan bersosmed) bakal kubiarin begitu aja sampai dia bener-bener ngga berdaya. Tapi alhamdulillah sekarang agak mendingan. Mungkin karena sudah mulai cari duit sendiri, jadi mulai bisa menyayangi barang lebih baik lagi (elaaah).


Jadi begini ceritanya:
Kemarin lusa, pas lagi asik skrol instagram, tiba tiba di layar hp muncul garis-garis horizontal dan kemudian jadi menggelap. fyi, hp aku masih tergolong entry level yang ngga oke oke banget, Oppo Joy 3, yang kubeli hasil duit akhir taun pas awal-awal kerja. Kemudian panik dong. Ya walopun harga belinya dulu engga seberapa, tapi yaa masa udah rusak aja baru 2 tahun pemakaian ?! Aku belum pernah punya riwayat pemakaian hp singkat. Punyaku sebelumnya yaa bertahan lah paling ngga 4 tahun. Karena aku merasa lebih berhati-hati sekarang dibanding dulu-dulu, wajar dong kutarget minimal 5 tahun hp aku masih bisa bertahan dengan layak. Lah kok ternyata malah berulah ...

Takut terjadi hal-hal yang lebih gawat, langsung lah aku ke servisan buat mencari pencerahan apa yang sedang terjadi padanya. Kebetulan di Surabaya ada lumayan banyak servisan resmi Oppo dan aku memilih di lokasi terdekat dari kantor, Plasa Marina. Sempat cek di web, jam operasional servisannya dari 10.00-18.30 wib. Nah berhubung kerjaan baru kelar jam 17.30, maka kuputuskan untuk ijin pulang awal. Sekitar jam 15.00 aku sudah sampai di lokasi dan langsung ambil nomor antrian. Bersyukur banget sih memutuskan dateng jam segini. Selain karena antrian ngga seberapa banyak (kudapat nomor 31 sedangkan yang lagi diproses sudah nomor 28), ternyata bukanya cuma sampai jam 18.00. 

Setelah sampai giliranku, di cek lah itu hp sama mbak reception nya. Dia bilang, kemungkinan ada kerusakan di line displaynya, as i expected. Penggantin line display untuk tipe hp aku bisa sampai 350ribu, sedangkan kalau mau cek di teknisinya doang mah gretong. Kuminta lah hp aku cek teknisinya dulu, soal ganti atau gimana tunggu hasil cek aja. Setelah menunggu sekitar 10-15 menit, dipanggil lah akunya. Ternyata teknisinya pun bilang kalau mau normal lagi harus ganti display. Yaaah galau sedikit lah yaa. Secara belom pernah servis gitu, takutnya kalo diiyakan malah rugi dan sebagainya. Selidik punya selidik, pas kutanya si mbaknya (yang ngejawabnya sambil senyum senyum jahat seolah menyembunyikan rahasia besar) soal lifetime hp aku ternyata didesain hanya untuk 3 tahun saudara saudaraaa, yang mana artinya adalah hp aku secara desain (dan secara pemikiran orang awam macam aku) tinggal setaun lagi. Hiks. 

Kemudian setelah minta pendapat si komandan, yang tadinya bilang nggausah diganti dulu ntar ntaran aja, yang akunya ditawarkan untuk keliling cari best price padahal akunya di konter resmi (mana mongken lah yangs aku keliling ke konter konter annoying yang selalu mbengok mbengoki kuping dalam kondisi alone begini), dan yang pada akhirnya menyetujuiku untuk mereparasinya setelah kubilang prosesnya cuma sejam karena alhamdulillah stok sparepart yang dibutuhin lagi ada.

Akhirnya kubalik lagi deh ke si mbaknya buat daftar ulang pembenaran hp aku. Untungnya ngga perlu ambil nomor antrian lagi, cukup tunggu bentar trus dipanggil sama mbaknya. Ngedaftarin ulang cuma butuh KTP dan duit buat bayar. Ohya, kalau misal ngana masih punya kartu garansi yang masih berlaku, kerusakan sepertiku bisa ditangani gratis sih. Sayangnya punya aku sudah ngga berlaku sejak setaun yang lalu. Sedikit eman, tapi bersyukur juga, itu artinya punya aku telah berhasil melalui masa uji coba (apasih). Trus kemudian diminta tungguin plus minus sejam. 

 
Selama nungguin, aku muter muter didalam konternya, coba pegang dan buka buka hp display macam F5 yang lagi baru banget lahir. Tapi kok ya ngga pingin. Yang dipingin masih tetep Sony, tapi apa daya harganya selangit, engga masuk dalam budgeting perhapeanku. Trus mainan bentar komputer yang disediain emang buat hiburan sambil nungguin antrian ataupun barangnya kelar. Trus turun bentar cari jajanan. Tadinya pingin cari peco peco, eh laaah kok wes kukut bandare. Akhirnya cuma beli roti lelaki (baca: rotiboy) dan milo hokben dan langsung balik lagi ke konter oppo nya. Ohya kalau misal engga bawa minuman, dan ngana haus tapi lagi dalam mode hemat, masuk aja lah kesini. Mayan loh boleh minum air putih gratis. 

Mendekati sejam, hp aku sudah kelar dong diberesinnyaa. Trus dipanggil lah aku ke meja si mbak, sim card dan memory card dibenerin sama mbaknya, trus hp plus item yang rusak dikasih ke aku. Selesai deh. Aku baru tau kalau ganti display hp model begini tuh ternyata sepaket (?) jadi nampak kinclong bangeet layarnya kayak baru. 

Trus setelah kelar dengan urusan hp aku, ternyata si komandan nitip cariin charger. Dalam hati ngetawain diri sendiri. Yakin nih ngana mau nitip ke aku yang ngga ngerti apa apa dan gampang dibujuki bakule ?! Tapi berkat jagonya dia meyakinkanku, akhirnya berhasil dapet juga tuh charger. Tadinya langsung menuju konter resmi Lenovo kan, lah kok harganya selangit saudaraa. 300 plus plus. Kucoba lah ya muter muter sambil pasang tampang senggol bacok macak mlete dikit. Akhirnya nemu yang harganya sesuai titipan. Semoga ngana ngga kecewa lah ya. HAHAHAHA.

Hamdalah. Mission completed.

You Might Also Like

0 commments


Popular Posts