Gath part sekian: Gangnam Resto ft. Le Café Gourmand Graha Famili

September 02, 2014

Judulnya ngga lagi ‘Korean Day’ nih, mengingat frasa itu sudah ngga usum di perbincangan kami. Sekarang yang ngehits adalah ‘Gathering’ ala mbak mbak fansite (eaaak makin ngalay !).


Seperti libur semester sebelum sebelumnya, gumbulan yang Tia sebut sebagai geng rumpik korea ini pasti menyempatkan satu hari kosong buat nggumbul. Namanya juga geng rumpik korea, nggumbulnya menyesuaikan deh, di tempat makan korea. Beberapa minggu lalu sempat rapat via katalk untuk menentukan waktu dan destinasi gathering ke sekian kami. Awalnya pada berniatan makan di tempat yang terjamin enak sekalian macam Myoung Ga atau Gojumong karena lagi ngga pingin gambling. Tapi semuanya berubah ketika negara api menyerang.

Hari minggu sudah beranjak dari kasur sejak jam enam itu suatu berkah tersendiri buat aku yang notabene bangun selalu pagi tapi mesti gulung-gulung dulu sampai jam delapanan. Setelah akhirnya berhasil potong kuku yang entah sejak kapan panjangnya sudah seperti kuku palsu, sony e16i kesayangan pun mendapat perhatian lagi. Notif katalk sudah banyak aja, berasa kesiangan banget gitu akunya, tapi pas dibuka ternyata dari chatroom yang kuberi nama ‘noonanya dedek dedek’ semua. Lah ? ‘noonanya dedek dedek’? Yaa tau sendiri lah makin kesini makin banyak kpop rookies baru. Yang debut masih pada bocah bawah umur macam Jongkook sementara kami makin berumur, jadilah ‘noonanya dedek dedek’. Sekedar info, member ‘noonanya dedek dedek’ ada 4 orang: aku, Kkamjong, Yongguk, dan Junmen. Disitu kita berdebat panjang lebar mulai dari Myoung Ga, beralih ke taksi, belom lagi salah sambung tingkat akutnya si ahjumma penjaga stan bazaar tiga puluh satuan, sampai akhirnya nemu Gangnam Resto, dan memutuskan mampir Le Café Gourmand sekalian.

Sesuai dengan hasil ketok palu di chatroom, setengah satu setelah dhuhur wajib ngumpul di kosan Tia tercinta yang ngga ngerti sejak kapan sudah jadi official (?) basecamp kami. Tiap gathering sih selalu ngumpul dulu terus naksi bareng ke tempat tujuan. Ketergantungan naksi memang, selain karena Surabaya panas banget dan destinasi kami jauh dari basecamp, setidaknya juga biar tetep bisa nggosip bareng selama perjalanan #HAH #noonarumpiknyadedekdedek.

Gangnam Resto

Sesampainya di jalanan darmo boulevard, di sebelah Spazio ada ruko ruko kan. Nah masuklah kami ke gumbulan ruko tersebut dan berhasil menemukan Gangnam Resto dengan mudah, berseberangan sama tempat latiahan Muay Thai dan Boxing. Buat yang lagi cari kerja bisa tuh datang bawa lamaran ke Gangnam. Mumpung mereka lagi buka lowongan buat jadi koki ataupun pelayan. Serius ngga bohong #angkatduajarikeudara. Infonya tertempel di kaca kaca mereka langsung. Resto ini memang masih baru banget, jadi masih butuh banyak pegawai kayaknya.

Suasananya agak beda sama tempat makan korea yang lain. Lebih santai dan ngga banyak pipa pipa penghisap asap. Maklum, ngga ada kompor penggorengan (?) di tiap mejanya. Jadi kalo pesan menu daging ngga bisa masak sendiri, kecuali kalo pesannya 2 menu daging. Kali ini pesanan kami cuma 3 macam: Galbisal, Tteokpoki, dan yang paling baru banget, Odengtang. Nasib galbisal bisa dibilang cukup mengejutkan. Dengan harga yang lumayan di atas rata-rata, daging sapi tanpa tulang ini malah tersisa 2 potong di hotplate, tanpa seorang pun minat menyambarnya. Ini bukan soal ngga enak sih. Ngga seberapa selera aja, karena cara masak yang berbeda. Umumnya menu daging itu potongannya melintang sehelai sehelai, tapi galbisal disini dipotongnya seperti potongan daging di semur, potong dadu kotak kotak. Empuk kenyal gitu, agak susah dikunyah. Rasanya juga daging banget, ngga ada rasa manis sedikit pun seperti biasa.


Tteokpoki ngga jauh beda sama di tempat lain, gitu gitu aja. Sedikit lebih pedas menurutku. Tapi karena letak piringnya lumayan jauh dari jangkauan jadi rada males ngambilnya (padahal  ya tetep ambil bolak balik). Naah primadona pesanan kami kali ini jatuh pada Odengtang ! Sup sate fish cake plus tempura (nah loh bingung kan ngomong apaan !) ini jarang tersedia di tempat makan korea lain. Dari beberapa tempat yang pernah kami kunjungi sepertinya baru di Gangnam nemu Odengtang. Fish cake sama tempura itu sama atau beda ? aku ngga ngerti eh sungguh, cuma ngapalin dari bentuknya aja hahahah. Tapi yang jelas, di Odengtang ini ada 2 jenis sate dengan jumlah keseluruhan sate sebanyak 12 tusuk. Yang satu sate tempura bentuk silinder, satunya lagi sate fish cake bentuk persegi panjang, kebayang ngga ? Sek ya, visualisasinya tunggu dari Oci (*update: suda ada nih dari Oci hahah). Nah keduabelas sate tersebut direndam dalam kuah bening agak kecoklatan yang rasanya lumayan asin tapi enak. Ada tambahan telur rebus sebiji di dalam kuahnya. Selain kuah, Odengtang juga ditemani saus warna cokelat yang rasanya asin banget buat cocol cocolan.


Menu yang disediakan disini lumayan sedikit, tapi beberapa menu memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding tempat lain. Banchan yang diberikan lumayan banyak juga. Ada kimchi sawi, kimchi lobak, manisa, terong, telor dadar, sosis, dan pajeon. Oh iya, kalo mau agak hemat bisa manfaatkan teh jagung gratisan yang sayangnya ngga bisa free refill. Tapi beneran hemat disini karena cuma kena pajak restoran, ngga pake pajak service kayak Gojumong.


Betewe, hasil gossip menggosip selama makan tadi cukup nostalgic. Satu nama favorit jaman SMA muncul begitu saja gara-gara Tia sekelompok KKN sama dia. Yap, si brendi muka chinese tapi muslim yang sekarang menimba ilmu di fk yang percaya atau ngga aku pernah bikin gambar sejenis fanart pake foto dia. Hahahahahahaduh !   

Le Café Gourmand

Kenyang makan kami pun segera menuju pemberhentian berikutnya untuk melanjutkan ngobral ngobrol yang tertunda. Karena letak Gangnam dan Gourmand lumayan deketan, sekitar satu menit kalo jalan kaki kata maps, jadilah kami mulai jalan jalan santai dengan mengaktifkan navigator. Sempat nyasar lima belas atau dua puluh menitan gara-gara letak Gourmand yang tercantum di maps ngga bisa ketemu di kondisi nyata (?). Berkat kegigihan dan semangat pantang menyerah akhirnya berhasil nemu tempat yang dimaksud, yang ternyata ada di pinggiran jalan bukit darmo boulevard, alhamdulillah yah. Le café gourmand selalu ngintilin Boncafe. Jadi kalo ngga nemu nemu si Gourmand coba aja cari si Boncafe.

Tempatnya lumayan enak dan bikin nyaman karena sofanya empuk dan lebaaaar, tapi menurutku pribadi masih lebih nyaman di Oost. Menu yang ada dessert semua. Ada kue kue cantik yang ngga ngerti apa lah namanya, kopi, sandwich, croquee, dan lain lain. Kami sih lebih milih es krim aja, karena yang lain ngga masuk akal harganya #uhuk. Bersyukur ngga terlalu suka dessert yang manis manis, jadi ngga tergoda :3

Es krimnya cute banget. Terutama cone warna warni yang bikin gemes pake h, gemesh. Uuuuu gimana bisa cone punya warna biru merah kuning hijau yang mencolok banget gitu. Kami pun segera memesan es krim sesuai selera. Tia dengan cone kuning dan vanilla – satunya apa aku lupa ice cream, Depo dengan cone biru dan crème brulee (?) – salted caramel ice cream, Oci dengan cone hijau dan chocolate ice cream, dan aku dengan cup dan hazelnut ice cream. Cup ? Yeah, aku trauma makan es krim pake cone sejak tragedi nggelundungnya satu scoop baskin robin yang berharga. Cup jauh lebih aman dan nyaman dan ngga netes netes kalo mulai leleh. Sukaaa banget sama chocolate punya Oci, lembut manis agak pahit gimanaa gitu, benar benar rasa coklat favorit ! Vanillanya Tia sama crème bruleenya Depo manis banget kayak susu dan rasanya hampir sama, ngga terlalu nggigit sih buatku. Salted caramel lumayan, lucu gitu rasanya. Tapi hazelnutku yang paling juara ! Hahahahah. Entah sejak kapan jadi suka hazelnut. Mau beng beng kek, chatime kek, favorit masih tetep hazelnut. Es krim hazelnut disini ngga mengecewakan sama sekaliii. Manis pahitnya pas, ada sensasi crunchy juga, jadi ngga enek ngga ngebosenin gituuu. Lumayan mahal sih ya. Single scoop 30ribu, double scoops 40ribu, triple scoops 50ribu. Tapi tetep, worth to try !

Nah. Setelah sekian kali ketemuan selama beberapa taun terakhir, baru sadar kalo kami ngga pernah punya foto barengan berempat. Paling maksimal ya berdua dua. Emang dasarnya ngga begitu doyan foto. Tapi mumpung Oci lagi punya tongsis baru banget belom dipakai, jadi begini lah hasilnya …
Gathering ngga berhenti disitu saja bung. Kami masih lanjut jalan jalan sore menuju ptc buat beli air putih dan duduk istirahat di foodcourtnya. Disitulah topic perbincangan apapun keluar begitu saja. Yang awalnya ngomongin detective conan lalu nyambung ke smrookies si serabi serabi boys lalu ngebahas jin bts dan jin kentang ‘gagal maneng gagal maneng’  kemudian masuk ke winner got7 bap lightstick ogs dan berakhir dengan ‘m’. ha u ef te bahasannyaaa banyak banget ha u ef te huft XD



Semester semester selanjutnya bakal tetap ada gathering ngga ya kita ? sudah makin tua :”

*karena kamera hapeku ngga weng banget, foto-fotonya jadi ngambil dari beberapa sumber, nih creditnya :3 @ochitAJ (poto makanan gangnam) @yixingtee (poto selama di gourmand)

You Might Also Like

0 commments


Popular Posts