Korean Food : Gojumong, Traditional Korean Grill

July 13, 2013

Liburan gini memang waktu yang tepat buat ketemuan sama temen-temen lama. Liburan juga waktu yang pas buat, lagi-lagi, menuntaskan hasrat pingin makan korean bbq. Apalagi gegara ketemu Tia pas ambil XOXO, jadi pingin buruan meet up sebelum puasaan !

Jadi setelah nungguin Tia kelar UAS kita langsung menuju target. Awalnya sih mau dinner karena Tia mau diajak keluar mamanya. Tapi tiba-tiba mama Tia gajadi nyulik dia, akhirnya korean bbq nya buat lunch, as always.

Kali ini tempat yang dikunjungi adalah Gojumong, yang terletak di daerah Bukit Darmo Boulevard Surabaya. Pemilihan tempat ini karena kita nyari yang rasanya enak plus porsi banyak. Kata Depo Oci Tia yang sebelumnya uda pernah kesini, yang pas itu aku ngga bisa ikutan, Gojumong punya rasa terbaik diantara semua tempat yang pernah kita kunjungi. Dan aku yang belum pernah tau ini makin senang laah.
Setibanya di Gojumong, begitu masuk lewat pintu, sempat ngerem mendadak gegara sambutan pelayannya. Speechless sumpaaah. Nah gimana ngga speechless, semua pelayan yang ada, yang jumlahnya sekitar sepuluh atau belasan orang, serentak ngucapin "annyeong haseyo" dengan nada yang makin rendah. Entah kenapa kok aku nangkepnya ngga kayak disambut di tempat makan, malah kayak di rumah hantu. Tapi keren sih sebenernya. Keren keren keren. Interiornya lumayan, hampir mirip sama hanamasa. Kelihatan sempit, karena memang letaknya di ruko, ditambah alat penghisap asap yang pipa pipanya kelihatan banget ngabisin tempat. Tapi ngga masalah sih, selama kebersihannya sangat baik baik saja, its ok.

Setelah duduk di tempat yang dipilihkan, kami pun langsung dapat segelas oksusu cha dingin, teh jagung berwarna kekuningan. Rasanya ? Ngga seaneh oksusu cha di Mu Gung Hwa, rasa jagungnya nggak terlalu kuat, jadi masih bisa diterima. Oksusu cha ini ngga masuk dalam pesanan kami lho. Emang mesti dikasi gitu, dan kalo uda keliatan berkurang bakal direfill lagi sama pelayannya, ngga perlu repot minta nambah. Makanya nggausa pesen minuman lagi. hihihi. Selain segelas cha, disodorkan juga piring kecil, sendok, sumpit besi, tissu basah, dan pastinya buku menu. Halaman pertama dibuka terpampang menu daging dagingan, ooh harganya standar, miripan lah sama yang dulu-dulu. Terus makin dibuka makin heran. Nemu menu tteokpokki dengan harga yang, menurut kami, fantastis. Dan setelah Depo Oci Tia mengingat-ingat, ternyata hampir semua harganya naik dibanding setaun lalu. Yah ! Yaiyalah setaun lalu, apalagi harga bbm naik, pasti pada naikin harga. Hmmm.

Karena tujuan awal adalah makan daging, jadilah pesanan pertama yang fix Soksoe Wagyu Bulgogi. Kemudian Pajeon dan dua porsi Bap. Tia yang dari awal pingin bets makan mie dingin akhirnya pesan Mul Naeng Myeon, dengan konsekuensi bayar sendiri, karena yang lain pada ngga berani cobain *mianhee tiik. Sambil nungguin pesanan datang, Depo Oci Tia lagi ngehebohin VIXX, rookie yang sama sekali aku ngga ngerti. Aku malah mengamati sekitar, lihat lihat plafon, ngeri aja kalo ada pipa berwarna hitam di atas tempat kami *efek plambing. Ya alhamdulillah sih ngga ada, cuma pipa pipa kecil tempat kabel-kabel sama pipa smoke catcher (?).

Seperti di tempat lain, banchan atau side dish datang mendahului menu utama. Ada sekitar 8-9 jenis banchan yang datang di meja kami, diantaranya 2 jenis kimchi, ikan teri masak manis, tumis sawi bakso ikan, tumis daun hijau manis, mu chae (tumis lobak potong kecil bumbu merah), gorengan semacam (kalo orang surabaya bilang) ote-ote, telur bacem iris tipis, sama kimchi jeon (pancake kimchi super pedas). Mu chae sama tumis daun hijau manis kerasa banget kalo habis diambil dari kulkas. hahaha. Tapi rasanya enak-enak semua. Kata Tia tumis daun hijau, yang jadi salah satu favorit banchanku disini, mirip banget rasanya sama di Korea sana huooo.




Nah kalo yang kimchi jeon ini cuma cobain sepotong, setelah itu give up ! Emang dasarnya ngga suka pedas, nemu yang pedas pol kayak kimchi jeon walau dikasi gratis pun ogah.
Soksoe Wagyu Bulgogi pun datang dan segera dibakarin sama pelayannya. Padahal lebih seru kalo bakar-bakar sendiri. Tapi enak juga sih dibakarin, selain terjamin matang, ngga perlu repot mbolak mbalik dagingnya. Setelah matang, bulgogi langsung kami nikmati bareng sama kimchi, nasi, atau dicocol ke bumbu yang tersedia (yang rasanya mirip sama bumbunya yakiniku). Matangnya pas, empuk manis gurih gimanaa gitu. Satu kata, enak. Aku sama Tia, seperti biasa, ambil selada super segar, masukin daging, kimchi, sama tumis daun hijau, gulung lipat seladanya sampai kecil, dan hap. Awalnya kami kira ngga akan muat masuk mulut, ternyata bisa. Butuh waktu cukup lama buat ngabisin gulungan tadi, susah banget woy ngunyahnya ! nom nom.



Setelah itu datang lah si Pajeon, martabak korea yang dibuat dari adonan tepung, daun bawang, dan seafood. Pajeon dihidangkan bareng sama saus cair warna coklat yang ada wijennya. Jadi sepotong pajeon dicelup-celup sempurna ke sausnya lalu dimakan. Rasanya enak, banget. Mau makan langsung, mau campur nasi juga tetep aja enak. Recomended banget buat yang mau cobain di Gojumong. Tapi jangan pernah bayangin rasanya kayak martabak Indonesia yaa, beda komposisi sih.



Pesanan Tia pun datang juga, si Mul Naeng Myeon. Sempet melebarkan mata ketika pelayan membawakan mangkuk besar dan meletakkannya di meja kami. Hah ! Makanan apaan ini gede banget mangkuknyaa -_- Mul Naeng Myeon kan mie dingin ya, jadi coba deh pegang dinding mangkuknya. Ebuset dinginnya banget ! Uda kayak mangkuk es campur aja. Penampakannya dari atas juga lebih mirip es daripada mie, terlihat berbuih, padahal itu es batunya, atau lebih tepat dibilang ea serutnya. Yakin nih Tik gapapa ?? Semangkuk mul naeng myeon didampingi sepotong daging dan separo telur rebus yang disajikan bareng bumbu aneh warna kuning sama cuka. Karena emang suka coba-coba, sumpitku sama Tia nyocol ke bumbu kuning dan langsung dicicip. Kami terdiam seketika, ige mwoyaaa ! Oci yang juga udah nyocol bumbu, sebelum sempet nyicipi, kami berdua teriak heboh "Jangan coba coba ci ! Jangan !". Oci langsung kaget dan mengurungkan niat nyicipi. Wae wae ?? rasanya ! Rasanya gila aneh parah. Pertama nempel dilidah rasanya kayak panas, sprite, semi semi rasa pasta dokter gigi yang buat nambal gigi lubang. Ngga banget lah pokoknya. Tapi lama kelamaan rasanya langsung ilang gitu aja, ngga berbekas, baguslah. Tia coba masukin bumbu aneh ke dalam naengmyeon, dan ternyata kuah naengmyeon jadi lebih berasa, lebih enak, mirip banget sama naengmyeon di negeri sana. Aaaah ~ berarti dia emang sifatnya sebagai bumbu, bukan buat dimakan langsung. Pas cobain kuah mie dinginnya Tia, begitu nyentuh lidah, rasanya aneeh, dingin banget dan rada hambar. Mungkin efek kebiasaan makan mie kaya bumbu nggak sehat kali ya, jadi pas ketemu naengmyeon kayak ngga selera gitu. Pas cobain mie nya, yang bentuknya mirip bihun ukuran kecil banget, langsung fix ngga cocok sama makanan beginian. hahaha. Bukan karena ngga enak sih, cuma bukan selera aja :/ Padahal ini makanan sehari-hari Tia pas merantau. Duh kasian kamu nak *pukpuk Tia *nah. Buat yang suka sama yang dingin-dingin bisa lah yaa sekali-kali cobain menu satu inii.



Pesanan sudah habis, tapi perut masih bisa terima makanan lagi, jadi lah kami pesan tteokpokki. Ya walopun mahal, tapi tteok uda kayak makanan ringan wajib ada tiap makan koleakoleaan hmm. Porsi tteokpokki yang dihadirkan ternyata ngga sesuai harga *menurut kami. Dengan porsi yang nggak jauh beda sama tteokpokki di Kimchi Go, harga disini cukup mahal. Not too recommended bagi yang pingin coba-coba. Yaa rasanya lumayan sih, nggak seababil Kimchi Go yang (sepertinya) chef nya suka galau bumbu. Ada fish cake nya juga, tapi lebih dominan sayuran. Nyari fish cake uda kayak nyari harta karun ditumpukan sayuran. Hhhhh.



Setelah semuanya habis, saatnya free dessert menampakkan diri. Ada dua jenis dessert yang kita dapat, buah semangka sama pilih salah satu dari ice cream/ ice coffee/ satunya lupa. Kami pun memilih es krim. Stroberi untukku sama Depo, cokelat untuk Oci, dan vanilla untuk Tia. Nyom nyom.


Setelah siap meninggalkan meja, kami meminta bill dan ... Kenapa selisihnya lumayan banget sama hitungan kami yang uda ditambahi ppn 10% ?? Oh oh ternyataaa. Pas lihat bill ada "service charge 5%" ... Gyahahaha . Jadi semua banchan, dessert, free refill oksusu, sama sapaan manis manja pelayan uda masuk 5% itu. Jadi itungannya free nggak ya ? Hmmm. Kalo gitu, kalo mau makan disini, manfaatkan refill oksusu dengan sebai-baiknya biar nggak rugi ! Hahaha :p

Okee itu dulu yang bisa kucritain disinii. Jangan lupa cobain Gojumong nyaa ! ^~^b Oh iya sekarang lagi puasa ya ? Yauda yuk bukanya makan beginian *bangkrut

cr photos: blognya Oci

You Might Also Like

4 commments

  1. Ada jajangmyeonx gak? Ini halal smua apa ada xg babi?? Hrgax sebutin dongg mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jajangmyeon sepertinya ada. Resto korea rata-rata ada menu pork nya sih, tapi kalo mau coba yang semuanya halal bisa di Kimchi Go ~ Harga terbaru kurang tau, lama ngga kesana soalnya hehe. Tapi harga per Juli 2013 seingetku untuk Pajeon sama Tteok masing-masing 100ribu, naengmyeon 75ribu, daging 100sekian :)

      Delete


Popular Posts